runing teks

SELAMAT DATANG DI BALAI PELATIHAN KONSTRUKSI WILAYAH II SURABAYA

Kamis, 20 September 2012

BENDAHARA PENGELUARAN RUTIN

BENDAHARA
DI BALAI PELATIHAN KONSTRUKSI WILAYAH II SURABAYA


Bendahara Balai Pelatihan Konstruksi Wilayah II Surabaya, dijabat oleh Karso. Adalah pegawai Negeri Sipil yang bertugas sejak tahun 2000; sesuai dengan  SK Kepala Balai PK Wil II Surabaya Nomor 1/KPTS/kt.8/2012 tanggal 02 Januari 2012 tentang Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pegawai dilingkungan Balai Pelatihan Konstruksi Wilayah II Surabaya, Kepmen PU Nomor : /KPTS/M/2012 tanggal  Desember 2012 tentang Pengangkatan Penanggungjawab Program, Pelaksana Program, Kepala Satuan Kerja/ Kuasa Pengguna Anggaran/ Kuasa Pengguna Barang, Pejabat yang melakukan Pemungutan Penerimaan Negara, Pejabat yang melakukantindakan yang mengakibatkanpengeluaran anggaran belanja/Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat yang melakukan Pengujian dan Perintah Pembayaran, Bendahara Penerima dan Bendahara Pengeluaran di Lingkungan Badan Pembinaan Konstruksi dan Sumber Daya Manusia Departemen Pekerjaan Umum. Tugas yang diemban meliputi bertanggungjawab secara pribadi atas kerugian Negara yang berada dalam pengurusannya/ pengelolaan uang persediaan; menyelenggarakan tata kearsipan yang bersangkutan dengan bukti-bukti pembukuan;  menguji kebenaran tagihan pembayaran; melakukan pengamanan kas serta surat surat berharga; menanda tangani SPP-LS/ SPP UP, menyelenggarakan pembukuan mengenai pengurusan Kas dan masih banyak lagi tugas yang tak dapat disebutkan .

Apapun yang anda inginkan untuk dijadikan kebiasaan anda , praktikkan; dan bila anda tak menghendaki sesuatu menjadi kebiasaan anda, jangan praktikkan, melainkan biasakan diri anda pada hal yang lain (epicetus)

Dalam pelaksanaannya juga terkait dengan bidang lain, namun lebih akrab dengan bidang administrasi keuangan (Risa Monika), Petugas pengantar SPM (Disnaika Dwi Rimbawati,SE yang juga sebagai Panitia Green Office). Bendahara sendiri termasuk salah satu staf Bagian Tata Usaha Program dan Evaluasi (DR. Samsul Bakeri SP,MSi).

Sebagai bendahara juga mendalami soal perpajakan, laporan keuangan, cara pembuatan dan mengelola SPP-LS/ SPP-UP, menyiapkan SPP-TU, SPP GUP, pengurusan kas melalui pencatatan pada buku kas umum, buku pembantu, buku tambahan baik melalui peningkapan kapasitas SDM / training / sosialisasi baik yang diadakan oleh Kementerian Keuangan, KPKN, Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian PU.

Marilah kita memiliki keyakinan bahwa kebenaran menciptakan kekuatan; dan dalam keyakinan itu marilah kita habis-habisan melakukan tugas kita sebagaimana kita pahami ( Abraham Lincoln).
Masih satu langkah lagi, para pelaku bidang Perbendaharaan,  mutlak bermodalkan kompetensi bidang komputasi SKKNI TIK OP 01.001.001Mengetik pada Papan Ketik (Keyboard) standar; TIK OP 02.001.01 Mengoperasikan computer personal yang berdiri sendiri (PC stand alone); TIK.OP. 02.002.01 Mengoperasikan Printer .Dan pada akhirnya karya Perbendaharaan juga terakumulasi secara komputerais dan sistemik. 

         Orang yang bisa bercakap-cakap dengan baik adalah orang yang memiliki gagasan, banyak membaca , suka mendengarkan dan karena itu memiliki sesuatu untuk dibicarakan (sir walter scott). Editor arief wahyuono, karso. disnaika dwi rimbawati, risa monika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar